Ide Bisnis yang Lebih Baik

Monday, June 1, 2015

Pemerintah Bujuk Apple untuk Buka Pabrik?


Seperti dikutip Kompas, pemerintah RI akan bertemu dengan Apple Inc., produsen iPhone, iMac, iPad, dan iPod, pada Selasa (2/6) di Singapura. Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kementerian Perindustrian Ignatius Warsito mengaku bahwa pemerintah tengah mencari solusi atas mandeknya rencana investasi Foxconn, perakit sejumlah produk Apple:
"Kami sebagai pemerintah harus netral. Kami harus silent operation. Kami ingin cari win-win solution-nya bagaimana," kata Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kementerian Perindustrian Ignatius Warsito.
Bagaimana sebetulnya peran RI atau kawasan ASEAN bagi Apple? Belum ada data penjualan Apple yang secara khusus menunjukkan seberapa besar pasar RI atau ASEAN. Namun, pasar terbesar di kawasan Asia Pasifik bagi Apple masih dipegang oleh Jepang dan Tiongkok.

Di luar kedua negara tersebut (Asia Pacific ex-China & Japan), penjualan produk Apple di negara-negara Asia Pasifik lainnya hanya mampu menyumbangkan tak lebih dari 6% atau US$ 10,3 miliar dari total penjualan Apple tahun 2014 yang mencapai US$ 182 miliar (sekitar 12 kali lipat lebih besar dari pendapatan PT Astra International Tbk tahun 2014 yang tercatat sekitar US$ 15,1 miliar).

BAHAN BAKU DARI INDONESIA
Tahun 2013 lalu, Apple mendapat kecaman dari Friends of the Earth, yang menyatakan bahwa perusahaan yang ikut didirikan Steve Jobs itu, telah menggunakan timah ilegal dari Pulau Bangka. Tetapi, apa saja perusahaan asal Indonesia yang memasok bahan baku produk-produk Apple?

Sulit menjawabnya. Dalam daftar pemasok bahan baku yang dirilis Apple, tak ada perusahaan "asli Indonesia". Yang ada hanyalah perusahaan multinasional yang berkantor di Indonesia (atau cuma menjadikan Indonesia sebagai salah satu cabangnya):

1. Coilcraft Inc. 
Alamat: Lot SD37-38 Bintan Industrial Estate, Lobam, Bintan;

2. Dynacast International Inc.
Alamat: Lot 511, Jln Rambutan, Batamindo Industrial Park, Muka Kunning, Batam;

3. Murata Manufacturing Co. Ltd.
Alamat: Jl. Maligi VIII Lot S-4, Kawasan Industri KIIC Karawang, Kabupaten Bekasi;

4. Panasonic Corp.
Alamat: - Kawasan Industri MM2100, Block O-1-1 Desa Gandasari, Kecamatan Cikarang Barat
- Km. 35, Jakarta-Bogor Road, Cimanggis, Depok, Indonesia. (***)

0 comments:

Post a Comment